Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Latihan Baris Berbaris di Pangkalan SDN Gandapura Tetap Semangat Meski Jumlah Peserta Terbatas

 

Sabtu, 28 September 2024, meski jumlah peserta yang mengikuti latihan pramuka di SDN Gandapura terbilang sedikit, semangat 16 anggota pramuka golongan penggalang tetap tinggi. Mereka, yang terdiri dari putra dan putri, melaksanakan latihan baris berbaris menggunakan tongkat, di bawah bimbingan Kak Yayu Maesaroh, S.Pd., salah satu pembina yang aktif di sekolah tersebut. Kak Yayu yang rutin membina setiap hari Sabtu menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengamalan dari hasil Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diikutinya pada awal tahun 2024.


“Walaupun anggotanya sedikit, tetapi mereka tetap antusias mengikuti latihan. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang masih berusia siaga. Bagi saya sebagai pembina, ini menjadi lebih ringan dalam membimbing mereka, meski tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing,” ujar Kak Yayu.


Jumlah anggota pramuka penggalang di SDN Gandapura yang terbatas ini wajar terjadi, mengingat total siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 di sekolah ini hanya berjumlah 38 orang. Meskipun begitu, Mabigus SDN Gandapura, Kak Yayan Hadiyanto, S.Pd.-MT., terus memberikan dorongan kepada para pembina untuk tetap semangat dan rutin melaksanakan kegiatan pembinaan. “Dengan latihan yang rutin dan konsisten, meskipun jumlah anggota terbatas, semoga ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi pangkalan lainnya di Kwarran Leles,” kata Kak Yayan.


Selain latihan baris berbaris, Kak Yayu juga menyisipkan beberapa selingan berupa lagu-lagu dan permainan. Hal ini dilakukan agar suasana latihan tetap riang gembira dan peserta dapat tetap fokus serta menikmati setiap kegiatan yang diadakan.


Latihan ini diharapkan mampu membentuk karakter dan kedisiplinan para peserta, serta menanamkan rasa cinta kepada gerakan Pramuka sejak usia dini, meski di tengah keterbatasan jumlah peserta.


Pewarta:  

Yayan Hadiyanto, S.Pd.-MT.  

(Ketua Kwarran Leles)

Posting Komentar

0 Komentar

Sistem Pengarsipan Digital